Belajar Mengatur Keuangan Keluarga Dengan Konsisten Menyiapkan Homemade Food Part 3


PhotoGrid_1443367310139Tips I

Setelah menu seminggu disusun, dan daftar belanja sudah dibuat, jangan lupa untuk membuat bumbu dasar pamungkas. Ada tiga bumbu dasar, yaitu putih, kuning dan merah. Ada satu lagi sebenarnya warna oranye, tp saya lebih suka mencampur bumbu kuning dan merah untuk menghasilkan bumbu oranye. Hehe..

Apa yang membuat masak di dapur jadi terasa ribet dan lama dan berantakan dan capek? Nyiapin bumbu! Apalagi kalau masakan yang akan kita buat itu bervariasi, ya sudah deh, akan habis nih waktu di dapur untuk kupas bawang, ngulek, dll. Iya apa iya?

Bumbu dasar ini akan sangaat membantu efisiensi waktu. Karena toh masakan itu mirip-mirip bumbunya, apalagi masakan indonesia, yah ketebak dah bumbunya lo lagi lo lagi. Hehe..

Ini bahan masing-masing bumbu dasar. Resep dari saya, tapi foto dari gugel ya, karena saya sudah ndak sempat lagi ambil foto. Bisa sih asal jepret, tapi kalo hasilnya nda bagus jd berasa gak sreg nampilin di sindang.

Bumbu dasar putih:
– bwng merah
– bwng putih
– kemiri sangrai
– merica
– ketumbar

Bisa untuk berbagai tumisan, sop, rendaman tahu tempe goreng, bakmi, nasgor, dll

Bumbu dasar kuning:
– jahe bakar
– kunyit bakar
– bwg merah
– bwng putih
– merica
– ketumbar
– kemiri
– bagian dalam serai

Bisa untuk bumbu kare, lodeh, rendaman ayam ikan, tumis acar, pampis, dll

Bumbu dasar merah:
– bwng merah
– bwng putih
– terasi bakar
– jahe bakar
– cabe rawit dan cabe merah
– merica
Bisa utk bumbu berbagai balado, nasgor terasi, suwir ayam, pampis pedas, gulai,

Tidak perlu mengelompokkan sendiri-sendiri bahan bumbu di atas, ada tiga bahan yang sama yg bisa kita buat sekaligus bwng putih, bwng merah dan merica.

Jadi kita akan memblender:
– 1 kg bwng merah
– 750 gram bwng putih
– 4 bungkus kecil merica halus
– air seperlunya hingga blender bisa berputar.
Bagi hasil blenderan dalam tiga wadah. Wadah I jadi bumbu putih, tinggal tambah bahan sisanya. Begitu juga dengan wadah II sbg bumbu kuning dan wadah III sbg bumbu merah. Tumis masing-masing bumbu dengan minyak hingga wangiii. Karena bumbu ini sangat menyerap minyak, jd sy memang ganti dg alternatif minyak sehat (optional ya), jadi nanti saat digunakan untuk masak, tidak perlu lagi menambahkan minyak.

Oh ya, beri sedikit gula dan garam supaya makin enak. Setelah wangi, masukkan masing2 bumbu dasar dalam wadah, biarkan dingin. Tutup rapat dan simpan dalam kulkas. Bisa untuk seberapa lama? SATU BULAN. Hehe

IMG_20150927_223448

Sumber gambar herminds.com

NOTE: punya bumbu dasar gak berarti semua selesai ya, kita tetap butuh tambahan bumbu dlm masakan, seperti serai, laos, daun jeruk, daun salam, cengkeh pala dll.
TIPS II
Buat juga variasi sambal untuk teman lalapan. Saya selalu menyiapkan sambal terasi, sambal hijau, dan sambal bawang. Semua dibender dan ditumis hingga wangi lalu simpan dalam kulkas.

Ini sambal versi saya:
* Sambal terasi
Bahan: cabe rawit, cabe merah besar, terasi, bawang putih 1-2 butir, tomat segar, gula garam, kaldu sapi

*Sambal ijo
Bahan: cabe rawit hijau, sedikit cabe hijau besar, sedikit terasi, bwng merah, bwng putih, teri yang sudah ditumis kering, gula garam, kaldu sapi

*Sambal bawang
Bahan: Cabe rawit merah, cabe merah besar, bawang merah yang digoreng lebih dulu (jumlah cabe dan bwng merah adalah 1:1), gula garam, kaldu sapi.

Catatan:
– Anda bisa menambahkan pete, udang, dll dalam sambal
– Saat akan dikonsumsi, ambil sambal dari wadah seperlunya dgn sendok bersih. Tidak perlu dipanaskan, cukup didiamkan beberapa waktu di suhu ruang sebelum dimakan.

TIPS III
Buatlah baceman bawang putih. Apa itu? Inilah penyedap rahasia abang abang penjual nasgor, bakmie goreng, dan sekalian makanan sedap menggugah selera yang beredar malam hari dan bikin jadwal diet gagal melulu. Sering kan ya melihat abang abang tadi menambahkan minyak beberapa saat sebelum nasgor diangkat? Itulah yang bikin sedap. Dan alhamdulillahnya bikin baceman itu gampang.

IMG_20150927_223523

Sumber gambar masakbagus.com

Sediakan:
– 15 butir bawang putih
– 5 butir kemiri sangrai
– merica putih utuh
– 250ml minyak goreng (silakan mau pakai minyak apa, asal yg baru ya bukan bekas goreng hehe)
– 5-7 sdm minyak wijen

Haluskan kemiri, lalu haluskan bawang putih tp jangan terlalu halus. Ini harus diulek ya, jangan diblender karena gak boleh ada tambahan air. Masukkan hasil ulekan ini dalam wadah kaca, masukkan merica bulat utuh, masukkan minyak goreng dan minyak wijen. Aduk sebentar, lalu tutup rapat. Simpan dalam suhu ruang setidaknya 3-4 hari, baru masukkan dalam kulkas dan siap digunakan utk tambahan tumisan, capcay, bakmie, nasgor, dll..
TIPS IV
Buatlah kaldu dari kulit udang dan tulang ayam.
Jangan pernah membuang kulit dan kepala udang saat membersihkan udang. Sisihkan kulit dan kepalanya, cuci bersih, masak dengan 1.5 liter air selama 15 menit dengan api kecil, saring dan dinginkan. Bungkus sekitar 300-400 ml dalam plastik2 es ukuran 1 kg. Letakkan dalam freezer, gunakan tiap bungkus saat membuat lodeh, tomyam, sup seafood, sup jamur dll.

Untuk tulang ayam, memasaknya lebih lama. Sebaiknya gunakan panci stainless, masak dg api kecil minimal satu jam. Masukkan wortel, seledri, parsley dan sedikit garam, masak lagi 10 menit. Saring dan dinginkan. Bungkus jg dalam plastik2 sesuai kebutuhan satu porsi masakan. Bekukan dalam freezer. Sup tulang ayam bagus sekali utk meningkatkan imunitas tubuh krn mengandung asam amino siap cerna.
TIPS V
Bersihkan, potong, bumbui, dan simpan bahan mentah dalam kulkas/chiller/freezer.
1. Potong tahu dan tempe sesuai selera. Cuci dulu tahu dengan air mengalir hingga bersih, lalu kukus sebentar. Dalam wadah, campur bumbu dasar putih dg sedikit air dan garam, rendam tempe tahu tadi. Tutup rapat wadah dan simpan di kulkas. Tempe-tahu siap digoreng atau dipotong lebih kecil utk lodeh/orek/tumis atau dihaluskan utk membuat dadar tahu/mendol tempe dll. Tahu dan tempe jangan disimpan lebih dari 3 hari ya, usahakan beli yang baru bersamaan dengan saat belanja sayur.
2. Cuci bersih cumi, tuna, udang. Baluri dengan jeruk nipis dan garam. Diamkan 15menit lalu bersihkan.
-Tuna siap dikukus sebentar lalu disuwir, atau dipotong dan langsung disimpan dalam plastik dan simpan di freezer.
– Ikan air tawar-laut dilumuri bumbu dasar kuning, ketumbar, garam. Diamkan lalu simpan dlm freezer (untuk digoreng/dibalado)
– Cumi bisa diiris bulat atau dipotong persegi, atau diisi tahu yg dicampur flaxmeal utk perekat dan bumbu putih dikukus sebentar lalu disimpan di freezer (bisa dibalado, asam manis, lombok ijo, saus mentega, saus tiram, dll)
– Udang disimpan dalan plastik dan disimpan di freezer utk lauk/tambahan tumis dll.

3. Ayam jg dilumuri nipis dan garam, diamkan lalu bersihkan.
– iris tipis bagian dada dan siap direndam dlm bumbu katsu lalu dibalur terigu+air dan tepung panko, simpan di freezer.
– ayam rempah/goreng diungkep dg bumbu kuning+ketumbar+asam kandis+serai+parutan laos, lalu disimpan di freezer, siap digoreng
– Chiken karaage/keecho, bisa dipotong dadu kecil, dimarinasi dg bumbu, dicelup telur, dibalur di campuran maizena+tp beras+ garam lada+ cabai bubuk, lalu bekukan di freezer.
– Ayam panggang bisa dg bumbu barbeque, kecap, bw putih, sesuai selera. Disimpan dlm wadah dlm freezer, siap dipanggang/oven.
TIPS VI
Belilah sayur 1-2 hari sebelum diolah. Kupas dan potong sayuran dan bagilah untuk 2-3 porsi, entah itu sop, sayur asam, atau tumisan. Sehingga kita masak sayur saat akan disantap, bukan hasil angetan kemarin.
TIPS VII
– Selalu sediakan buah untuk sarapan. Baiknya lagi bila dekat dengan pertanian organik atau punya kebun sendiri, jadi bisa bikin raw smoothies dari sayur mentah+buah tiap pagi.
– Bila mampu, maka limehoney shot jg sangat baik sblm makan buah.

Ini tips-tips dasarnya. Selamat mencoba, selamat memasak, selamat berhemat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s