Belajar Mengatur Keuangan Keluarga Dengan Konsisten Menyiapkan Homemade Food Part 2


IMG_20150315_162557

Di part I, saya sudah menuliskan bahwa hal pertama untuk konsisten menyajikan homemadefood adalah dengan merancang menu mingguan. Kenapa mingguan? Karena untuk pegawai seperti saya, saya hanya free saat weekend, jadi mulai senin-jumat saya sudah ndak perlu lagi repot belanja, mengiris ayam, membersihkan udang atau tetek bengek mengolah bahan mentah lainnya.

Saya masak di sore hari sepulang kerja, untuk makan malam, sarapan, dan bekal makan siang keesokan harinya. Sayur dibuat saat sore. Pagi masak sayur yang sama untuk bekal, karena saya dan suami hampir ndak pernah sarapan nasi+lauk saat weekday, kami hanya konsumsi buah saja. Yes sayur masak dua kali karena gak akan bagus bertahan lewat 6 jam.

Ini contoh menu satu minggu pada minggu pertama saya di tangerang:

– Senin: Tahu udang balado; Tumis Sawi Tauge Teri; Sarapan: Jeruk nipis (limeshot)+mangga; Bekal ditambah jus mangga tanpa gula

– Selasa: Chicken katsu; Sayur Asem; Sambal Lombok ijo; Sarapan: Jeruk+semangka. Bekal ditambah jus semangka

– Rabu: Nasi gurih Teri; Tahu+Tempe Goreng; Kubis kukus+Sambal terasi; Bikin brownies tanpa mixer (utk cemilan 3hari); Sarapan:  mangga potong. Bekal ditambah jus mangga+brownies

– Kamis: Chicken Karaage Pedas; Sayur Sop; Dadar Tahu; Sarapan: Mangga. Bekal ditambah jus mangga+brownies

– Jumat: Ayam + tempe rempah; Lalapan terong manis+kubis+wortel; Sambal Terasi; Sarapan: Semangka

– Sabtu: Cumi asam manis;Tumis Tauge wortel; Jamur tiram crispy
Cemilan: membuat es mambo dari jus mangga

– Minggu: Pampis Tuna; Sop bakso ikan; Jamur Crispy

**Catatan:
– Saya mengganti garam meja dengan himalayan pinksalt terkadang dg seasalt (keduanya jenis garam tanpa pemutih dan bahan tambahan). Gula pasir dengan Unrefined+Non GMO sugar. Minyak sawit dengan ricebran oil.
– Saya menggunakan kaldu sapi dan kaldu jamur berbentuk butiran produk lokal yang tanpa MSG, penyedap, pengawet.
– Sebelum makan buah saat sarapan, saya dahului dengan limeshot atau spirulina shot. Kalau suami mah gak mau.😀
So our shopping list of the week must be like this:
– 4 liter beras 32.000
– 1/4 kg udang  14.000
– 1/4 kg cumi 10.000
– 1kg gram ayam (bagian dada untuk katsu, sisanya terserah) 37.000
– 1 ekor tuna ukuran sedang 20.000
– satu bungkus bakso ikan 9.000
– 1/2 kg jamur tiram 8.000
– 1/2kg telur 12.000
– 2 bungkus sayur mix utk sop @4rb 8.000
– 1 bungkus sayur mix utk sayur asem 5.000
– 1/2 kg jeruk nipis 12.000
– 2 bungkus tahu 20.000
– 1 papan tempe 8.000
– 1 bungkus teri 4.000
– 1 buah semangka besar 45.000
– 4kg mangga 60.000
– 1 kg jeruk 15.000
– bumbu komplit (laos, serai, daun jeruk dll) 2.000
– tepung panko 5.000
– 1/4 kg tepung beras (utk katsu+karaage) 5.000
– 1/2kg terigu 5.000
– tepung maizena (katsu+karage) 5.000

Yang dibeli sehari sebelum dimasak:
– 1 ikat kecil sawi    2.000
– 1/4kg terong lalap    4.000
– 1 bungkus tauge 2)   3.000
– Separuh kubis   2.000
– 1/4 kg tomat   3.000
– 1/4 kg wortel   3.000
– daun pandan (utk pampis) 2.000
– Bahan brownies lets say 50.000, tapi ini masih sisa bahannya, bisa disimpen n dipakek lagi besok2.

Total 394.000 dibagi 7 = 56.300 perhari. Ini udah sama buah full dan cemilan cemilun lhoo… hemat kaaaan.😀  (Ini harga belanjaan di tangerang ya)

IMG_20150315_162553

Ini contoh menu minggu kedua:

-Senin:
Tongkol balado; Capcay; Tahu+tempe goreng
Sarapan: Mangga. Bekal ditambah jus mangga+kiwi

– Selasa:
Lodeh isi terong+kc panjang+udang+tempe ; tumis tahu pedas; Jamur crispy; Sambal terasi
Sarapan: Nanas+Mangga

– Rabu:
Hanya masak utk makan malam krn kamisnya off. Sop ayam; tempe goreng; sambal bawang; kerupuk udang.

– Kamis:
Bakmi seafood; Bakwan; Lalapan + sambal terasi

– Jumat:
Ayam goreng + sambal bawang; Pecel komplit; Tahu barbecue
Sarapan: jeruk+semangka, bekal bawa jus serupa

– Sabtu:
Sayap panggang barbecue; Sup jamur; Jamur crispy
Sarapan: kiwi

– Minggu off masak (jalan)

**Catatan:

Jangan campur Protein darat dengan protein laut dalam satu kali makan. Ini sunnah Rasul ya. Bisa diliat dalam menu di atas, saya tidak mencampur seafood dengan ayam/telur.

Nah, bisa kira2 pengeluarannya berapa. Apalagi kalau rajin puasa sunnah senin-kamis, biasaya lebih hemat lagi. Nanti di part 3, saya akan posting tips n trick pengolahan lauk mentah yang siap dimasak untuk satu minggu ke depan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s