Lagu Dona Dona Ternyata Kental dengan Mistik Yahudi


Tau Lagu Dona Dona kan?? Lagu sendu dan pilu tapi ajibb yang pertama kali dibawakan oleh penyanyi tua JOAN BEAZ, dan dijadikan OST FILM GIE, yang dinyanyikan oleh Sita RSD. Pertama denger lagu ini, JUJUR, saya langsung jatuh hati. Meski sendu tapi dekat dengan nuansa pergerakan, apalagi ketika Dona Dona diangkat menjadi lagu tema film GIE, beuuhh, makin berasa dah. Bahkan beberapa brother-brother Revolt yang saya kenal, tetap meletakkan lagu ini dalam LIST MUSIK FAVORIT mereka (terlepas dari nadanya yang mellow itu, :D). 

Disimak yoh… ;)

Menurut Wikipedia, Donna-donna (דאַנאַ דאַנאַ “Dana Dana”, dikenal juga sebagai דאָס קעלבל “Dos Kelbl” — The Calf atau Anak Sapi) adalah sebuah lagu teater Yidish. Yidish sendiri adalah sebuah bahasa kelas atas Jerman, bahasa Yahudi Ashkenazi (Yahudi keturunan Khazar dari negara Khazaria, terletak diantara Laut Hitam dan Laut Kaspia yang sekarang dimiliki oleh negara Georgia. Yahudi Ashkenazi ini adalah Yahudi yang 90% mendiami bumi ini. Bapak Zionisme, Theodore Hertlz dan Ilmuwan seperti Albert Einstein termasuk sebagai Yahudi Ashkenazi). Lagu ini menceritakan mengenai tentang anak sapi digiring ke pembantaian, mencerminkan situasi orang-orang Yahudi pada masa Holocaust. Yang lebih mengagetkan lagi Donna-donna nama Yahudi untuk menyebut tuhannya.

Donna-donna ditulis oleh Aaron Zeitlin dan dikomposeri oleh Sholom Secunda Aaron Zeitlin (Lahir di Belarus 1898 – meninggal di New York pada 1973) sendiri adalah anak dari penulis Yahudi,   Hillel Zeitlin, menulis tentang sastra Yiddish, puisi dan parapsikologi. Sedangkan Sholom Secunda (4 September 1894, Oleksandriia – 13 Januari 1974) adalah seorang komposer Yahudi kelahiran Ukraina dan mengenyam pendidikan di Amerika.

Donna-donna sudah diterjemahkan dan direkam kedalam berbagai bahasa, termasuk diantaranya : bahasa Prancis, Ibrani, Jerman, Jepang dan Rusia. Sholom Secunda menterjemahkan lagu ini kedalam bahasa Inggris dengan mengganti kata “Dana” menjadi “Donna”. Namun lirik ini malah tidak populer. Lirik diterjemahkan lagi di pertengahan 1950-an oleh Arthur Kevess dan Teddi Schwartz, dan lagu itu menjadi terkenal dengan teks mereka. dan menjadi bertambah populer setelah dinyanyikan oleh Joan Baezpada tahun 1960 dan Donovan pada tahun 1965.

Lirik asli “Donna-donna” dalam bahasa Yiddish

יפן פירל ליגט דאָס קעלבל

ליגט געבונדן מיט א שטר

הויך אין הימל פליט דאָס שװעלבל

פרײט זיך, דרײט זיך הין און קריק

לאכט דער װינט און קאָרן

לאכט און לאכט און לאכט

לאכט ער אָפּ א גאַנצן טאָג

מיט אַ האלבער נאכט

דאנא, דאנא, דאנא, דאנא

דאנא, דאנא, דאנא, דאנא, דא

דאנא, דאנא, דאנא, דאנא

דאנא, דאנא, דאנא, דא

שרײַט דאָס קעלבל, יאָגט דער פּויער

װער־זשע הײסט דיך זײן א קאלב

װאָלסט געקענט צו זײן אַ פויגל

װאָלסט געקענט צו זײן א שװאַלב

לאכט דער װינט און קאָרן ……

בידנע קעלבער טוט מען בינדן

און מען שלעפּט זײ און מען שעכט

װער עס האָט פליגל, פליט ארויפצו

איז בײ קײנעם ניט קײן קנעכט

Terjemahan oleh Sholom Secunda

On a wagon bound and helpless
Lies a calf, who is doomed to die
High above him flies a swallow
Soaring gaily through the sky

The wind laughs in the cornfield
Laughs with all his might
Laughs and laughs the whole day through
And half way through the night

Dona, dona, dona, dona
dona, dona, dona, do
dona, dona, dona, dona
dona, dona, dona, do.

Now the calf is softly crying
“Tell me wind, why do you laugh?”
Why can’t I fly like the swallow
Why did I have to be a calf,

The wind laughs in the cornfield …
Calves are born and soon are slaughtered
With no hope of being saved.

Only those with wing like swallow
Will not ever be enslaved.

Terjemahan oleh Kevess & Schwartz

On a wagon bound for market
There’s a calf with a mournful eye
High above him there’s a swallow
Winging swiftly through the sky

How the winds are laughing
They laugh with all their might
Laugh and laugh the whole day through
And half the summer’s night

Dona, dona, dona, dona
dona, dona, dona, do,
dona, dona, dona, dona,
dona, dona, dona, do.

“Stop complaining,” said the farmer,
“Who told you a calf to be?
Why don’t you have wings to fly with
Like the swallow so proud and free?”

How the winds are laughing …
Calves are easily bound and slaughtered
Never knowing the reason why
But whoever treasures freedom
Like the swallow has learned to fly

Setelah mengetahui fakta ini, Alhamdulillah saya memutuskan untuk tidak mendengarkan lagu ini. Lagu yang memiliki sejarah Yahudi, mulai dari penulis liriknya, pengaransemen musiknya, konten liriknya serta judul lagunya yang merupakan sebutan Yahudi untuk menyebut tuhannya (yang kita tidak tahu tuhan seperti apa yang dimaksud Yahudi ini) saya pikir lebih baik dijauhi oleh para muslimin dan muslimah. Saya khawatir lagu ini akan mengubah (sedikit atau banyak) pola pikir bawah sadar anda. Karena menurut buku yang saya baca, musik atau lagu merupakan salah satu sarana propaganda Yahudi untuk menyebarluaskan ide-ide ke-Yahudi-an merekaSaya tidak tahu apakah teman-teman akan memutuskan untuk tidak mendengarkan lagu ini atau tidak setelah membaca tulisan ini. Semoga Allah memberi anda petunjuk :)

Dari : http://setobuje.multiply.com/journal/item/222/Donna-Donna_Adalah_Lagu_Yahudi

Krik krik krik..
Teganya kau MENGHIANATIKU, Dona (halah, lebbbaaay!) :D
Wah, kudu menghilangkan kebiasaan menyenandungkan lagu ini pas naik motor n beberes kamar neh… T_T

[Semburat JINGGA on KESEL mode ON]  -.-‘

Biar komennya ga ngaco n salah paham, baca deh tanggapan2 saya terhadap komen2 di post ini:
*Comentator: kalo kalian gak suka, ga usah banyak omong
ME: yah, kalo standar perbuatan kita cuma suka n gak suka, mau n gak mau..berarti apapun yg kita suka, apapun yg kita mau meski harus melanggar hukum syara’ atau ada unsur tasyabbuh fil kuffar, bakal dilakuin juga?
wah, berabe donk dunia pak,, pengen mabok, pengen pacaran, pengen ngambil hak orang lain, pamer aurat (bagi wanita) dan pengen2 yang lain langsung dilakuin tanpa mempelajari bagaimana Allah mmberi aturan untuk kita? Naudzubillah.

*C : Islam itu bijak kawan. tidak pernah mengklaim bahwa dirinya sendirilah yang paling benar dan menganggap yang lain itu salah (kafir). Subhanallah…
Saya : wah, islam gaya baru neeehhh… darimana antum bisa berkata bahwa islam TIDAK PERNAH MENGANGGAP AJARANNYA PALING BENAR? Dari mana antum bisa berkata bahwa islam MENGANGGAP AJARAN YAHUDI,NASHARA,AGAMA LAIN itu benar??
Bagaimana antum menjeaskan FIRMAN ALLAH berikut:
Innaddina indallahil islam (Sesungguhnya agama yg diridhai ALLAH hanyalah islam)? [Ali Imron:19]
Lalu di Surah Ali Imran:85 “Siapa saja yang mencari SELAIN ISLAM SEBAGAI AGAMA, sekali2 tidak akan diterima agama itu….Allah sendiri yang telah menunjukkan dengan jelas dalam firman-Nya bahwa islamlah yang paling benar [otomatis yang lain tidak benar]. kalau anda muslim, banyak2 istighfar yah, karena apa yang anda katakan adalah termasuk mendustakan apa yg Allah tetapkan. =D

*C:gak perlu lah anti yahudi yg benar tu anti perang kalo anda anti yahudi sudahkah anda mepraktekanya setipa hari seperti tdk memakai barang2 buatan yahudi contoh:1 celana jeans(yang mempopulerkan tu orang yahudi levi strauus) 2 facebook yang penciptanya orang yahudi 3 cartoon walt disney dan tom and jerry juga ciptaan orang yahudi 4 albert

Saya: Pak Hendri, kita harus bedakan mana yang hadlarah mana yg madaniyah. setiap ideologi/agama akan memiliki peradaban (hadlarah) yakni sekumpulan konsep/ide/mafahim yg lahir dr agama/ideologi tsb, misal cara penyembahan, cara berpakaian, dll. Nah setiap peradaban menghasilkan madaniyah. Madaniyah ada 2:
1. Madaniyah amm
Produk peradaban yg bebas nilai, bisa dipakai oleh siapapun karena tidak mengandung unsur ideologi/agama tertentu. Misal teknologi, handphone, komputer, alat makan, mobil, dll.
2. Madaniyah khas
produk peradaban yg TIDAK bebas nilai, artinya dia identik dan khas pd sebuah ideologi/agama tertentu. Misal: pemikiran nasionalisme, sistem ekonomi riba ala kapitalisme, konsep kebebasan, dll

dari 2 madaniyah di atas, jelas hanya madaniyah amm yg bisa diambil oleh muslim, karena produk peradaban ini baik berupa teknis/barang/jasa tidak akan mempengaruhi aqidah seorang muslim, misalkan teknologi yg kita gunakan. Perlu anda tahu bahwa di zaman Rasullullah pun senjata perang menggunakan manjaniq, meriam yg dibeli dan diadopsi dari romawi, juga sistem pembukuan persia yang ditiru oleh Khalifah umar bin Khattab ra. So handphone, blog, facebook, komputer gak masalah kita gunakan.

Yang justru ga boleh diambil ya hadlarah dan madaniyah khas yang memang berisi pandangan hidup dan mafahim sbuah ideologi/agama. Kalo skrg kan aneh, HP, FB, twitter, ato segala yg berbau yahudi/kapitalis -padahal itu madaniyah amm- DILARANG n koar2 diharamin (seperti anda misalnya), tapi giliran pandangan hidup, lagu yg dekat dg pemujaan mereka, ekonomi ribawi, demokrasi, nasionalisme, privatisasi malah ditiru! padahal ini yg harus kita hindari. Mohon kaji lagi sirah rasul, supaya kita cerdas utk mengambil mana yg hukumnya mubah maupun yang haram, baik dr agama yahudi, nasrani maupun ideologi lain spt sosialisme dan kapitalisme.

*C:Buat saya entah apa yang kalian katakan kafir atau apalah , di dunia ini ga ada yg paling benar , mau ga mau emang kita harus mengakui kalo emang bangsa yahudi itu dikasih talent yg luar biasa. dan saya sangat setuju bahwa agama anda baik agama saya pun baik. stop war hentikan membandingkan hal yg cuma memicu perang , agama itu sensitive , hal kecil klo nyangkut agama bakal cepet ngeluasnya

Saya:Di dunia gak ada yang paling benar? Bung, kebenaran itu absolut dan hakiki, tidak nisbi, tidak relatif, tidak mendua. Kebenaran cuma satu, gak bisa lebih dari itu. Kebenaran yang lebih dari satu -atas suatu hal- itu merupakan sesuatu yang TIDAK BISA DITERIMA AKAL SEHAT, sudah keluar dari kaidah berfikir rasional.

Satu kasus: Anda memakai kaos hijau, lalu sekelompok orang yang melihat anda dari jauh mendiskusikan warna pakaian yang anda pakai. orang yag buta warna parsial mengatakan bahwa kaus yg anda pakai berwarna biru, orang yg memakai kacamata hitam mengatakan kaos anda berwarna coklat, orang yang buta tapi sok melihat berkata kaus anda berwarna putih, sementara orang normal dg penglihatan sehat mengatakan bhwa kaus anda berwarna hijau.
Ketika dikonfirmasi,keempat orang ngotot dengan penglihatannya masing2 dan tidak mau mengalah. Apakah wajar bila ada seseorang yg dengan sok bijak mengatakan “Ya sudah, kalian berempat memang tidak ada yg paling benar, semuanya benar. jadi ga usah ribut ya?”
Bisakah ini diterima akal sehat? TIDAK! kebenaran cuma satu, kita wajib menyelidiki dengan runut dan cerdas, menggali tiap metode yg digunakan oleh setiap pemberi argumen dalam berkata. Cuma orang krng waras saja yg mengatakan adalah benar, atau semua pendapat adalah salah.

Analogikan ini pada agama, pada ideologi, pada pandangan hidup. Gak mungkin kalau semua benar atau semua salah. Yang pasti, cuma ada satu yang benar, yang lain salah. Ini kaidah rasionalitas bung, ilmiah. Bukan didasari pada semangat egoisme, kesukuan, sombong, atau apalah namanya. Ini sesuatu yang mutlak.
Kalau mmg semua agama sama, kenapa yang berkata seperti itu gak pindah2 agama skalian utk mendapat pengalaman sprituil yang luarbiasa?? Sebulan kristiani, sebulan islam, sebulan budha, sebulan shikh, sebulan sinto. Ada yang seperti itu? ga ada! Yang ada orang yang mencampuradukkan semua ajaran agama karena otaknya tidak mampu menemukan kebenaran mutlak pada satu agama dan ideologi yg benar. Merekalah yang sok mengatakan diri PLURALIS yg menyamaratakan agama, mereka ini PLIN PLAN. Lawong Gak ada juga sebuah ideologi atau agama yg mau ajarannya diaduk2, disamaratakan. Argumen para ‘pluralis’ ini yg rada2 out of mind!

Saya , -berpijak pada aqidah yang sudah saya peluk dg pembuktian akal dan naqli juga berlandas pada kebenaran rasional- akan bangga mengatakan bahwa IDEOLOGI ISLAM saja yg benar, di luar islam, baik itu agama spritual (kristen, budha, hindu, dll) ataupu ideologi (kapitalisme, sosialisme, komunisme) adalah SALAH. Karena saya waras dan normal, tanpa menyamaratakan semua agama. ^^

75 thoughts on “Lagu Dona Dona Ternyata Kental dengan Mistik Yahudi

  1. Pingback: Donna-Donna by Sita (ost. Gie) « The Brave Sunflower

  2. sip. dari ga tau, jadi tau. Gue tau lagu ini tahun kemaren pas makrab anak2 ISI, katanya lagu ini punya nilai mistis di kampus, dan suka dikaitin dgn mitos penampakan2 gitu deh. Anak2 disuruh nyari liriknya, lagunya, trus disuruh nyari kunci gitarnya. Parah……!

    • hmmm, emang assoyy kok lagu ini, sy aja suka bgt..sayangnya selalu ada ‘pesan’ di balik tiap produk dari kafir…yah apalagi kalau bukan penjajahan…makasih sudah berkunjung.. ^___^

  3. halah,halah,
    terlalu berlebihan menurut saya
    selama akal dan hati masih bisa digunakan tak masalah menurut saya,
    saya tak merasa keislaman saya terganggu sebiji dzarah pun dengan hanya mendengar lagu tersebut. Saya justru merasa semakin sadar dalam berIslam, semakin meyakini pesan-pesan universal dan abadi yang dikandungnya: kemanusiaan, keadilan, pembebasan, rahmat bagi seluruh alam, dst

    • Justru nda lebbay menurut saya,, Dona=Dana=penyebutan Tuhan..pengkultusan untuk sekutu Allah donk.. =D
      Lagu memang MUBAH selama tidak ada sesuatu yg MENGHARAMKAN atau merubah KEMUBAHAN hukum lagu tersebut…Tp kalo faktanya dah ketemu gini ya jelaslah apa hukumnya…
      Sama seperti haramnya hukum mengucapkan selamat natal, bentuk ‘PENGERTIAN dan SALING MENGHORMATI’ antar agama itu sangat RANCU! Masa iya mendatangkan sekutu selain Allah anda anggap sepele? hehe, kalo sy mah udah tersangkut dgn aqidah muslim… ;)

      • jangan cuma mengukur segala sesuatu dari pemikiran diri sendiri.. islam itu baik, semua agama itu baik.. yang tidak adalah penganutnya. yang sok pinter…
        so..biarlah kesenian mengalir sebagai anugerah dari Yang Kuasa…
        it’s a give!

      • kalau ngomongin haram semua musik haram.
        Rasuluullah Saw Udah menghadiskan tentang pemakaian sutra, musik , dan khmar dalam satu hadis..ndk ad tuh musik/lagu hukum nya mubah.

  4. klo emg suka dngan lagu donna donna knp harus banyak coment…
    kan kita tinggal menikmati aja ,gak perlu bnyak coment..

    • yah, kalo standar perbuatan kita cuma suka n gak suka, mau n gak mau..berarti apapun yg kita suka, apapun yg kita mau meski harus melanggar hukum syara’ atau ada unsur tasyabbuh fil kuffar, bakal dilakuin juga?
      wah, berabe donk dunia pak,, pengen mabok, minum.
      pengen ngedrug, langsung ngoplo. Pengen memuaskan syahwat, ke lokalisasi. Begitukah? naudzubillah.. ^__^

    • wah, islam gaya baru neeehhh… darimana antum bisa berkata bahwa islam TIDAK PERNAH MENGANGGAP AJARANNYA PALING BENAR?
      Dari mana antum bisa berkata bahwa islam MENGANGGAP AJARAN YAHUDI,NASHARA,AGAMA LAIN itu benar??

      bagaimana antum menjeaskan FIRMAN ALLAH berikut:
      Innaddina indallahil islam (Sesungguhnya agama yg diridhai ALLAH hanyalah islam)? [Ali Imron:19]
      Lalu di Surah Ali Imran:85 “Siapa saja yang mencari SELAIN ISLAM SEBAGAI AGAMA, sekali2 tidak akan diterima agama itu….

      Allah sendiri yang telah menunjukkan dengan jelas dalam firman-Nya bahwa islamlah yang paling benar [otomatis yang lain tidak benar]

      kalau anda muslim, banyak2 istighfar yah, karena apa yang anda katakan adalah termasuk mendustakan apa yg Allah tetapkan. =D

  5. kalo sudah mengadopsi dari sumber hukum yg ada dalam kitab suci (Al Quran), udah gak bisa disangkal lagi kawan. tapi perlu diingat, meski Al Quran adalah sumber hukum, sumber hukum tak selamanya bisa menjadi hukum di bumi manusia ini.
    Yesus pernah bersabda kepada murid2nya, “Agama kalian tak kan sempurna jika tidak mengakui agama yg lain, begitupun sebaliknya.”
    mereka aja bisa bijak seperti itu, apalagi kita yg menganut agama yg menurut Al Quran paling sempurna???

    • Pak Suratman…. bagi saya seorang muslim, kebenaran Islam dengan segala ajarannya bersifat mutlak. Kebenaran ini tidak berubah menjadi nisbi ketika islam kemudian disandingkan dengan teologi lain. Sifatnya tetap mutlak, tidak berubah.

      Aqidah islam menuntut keimanan kita kepada Allah, Malaikat, Kitabullah, Rasulullah, Hari Akhir, serta qadha&qadar sebagai sebuah keimanan yg pasti, yg tanpa diringi keragu-raguan.

      Ketika Allah mengabarkan: ‘Innaddina indallahil islam’ dalam QS Ali Imran 109, ini artinya Allah sebagai Pencipta telah mengabarkan bahwa hanya islam yg diridhaiNya, yang berarti menegasikan, menolak, dan menganggap salah seluruh agama, ideologi, dan ajaran di luar islam.

      Lihat pula dalam Al-Qur’an Surat Ali Imran ayat 185 : “Siapa saja yang mencari SELAIN ISLAM sebagai agama, sekali-kali tidak akan diterima (agama itu) darinya, dan di akhirat ia termasuk orang-orang yang merugi. Hal ini jelas, bahwa setiap muslim diwajibkan sepenuhnya memeluk islam tanpa perlu ‘melirik’ yang lain.

      Apa yang anda bawa justru membuktikan bahwa aqidah yang anda anut bukan islam atau islam bukan-bukan. Allah saja sebagai pencipta, Penggenggam Alam Semesta, Pengutus Rasul, Pengutus Nabi Muhammad mengatakan bahwa cuma ISLAM yg ia terima, yang lain TERTOLAK. :)

      AlQur’an sebagai sumber dari segala sumber hukum berlaku di dunia dan akhirat. Ketika nanti Bapak meninggal yang akan ditanyakan oleh Munkar Nakir juga bukan konsep trinitas, dewi kwan im, ‘hafal Pancasila gak?’, hehe…yg mereka tanyakan adalah aqidah kita, amalan kita di dunia sudah sesuai tidak dgn hukum Allah. Ini artinya bahwa islam bukan hanya berdimensi universal kan Pak, tapi dunia akhirat.

      Kutipan Nabi Isa yang anda tetapkan adalah untuk kaum nabi isa di waktu itu, tidak berlaku untuk kita sekarang, karena apa yg dibawa oleh nabi2 terdahulu telah terhapus oleh syariat yang Rasul Muhammad bawa yaitu ISLAM. ;)
      so, tidak relevan kalau bapak mengutip perkataan Nabi Isa sebagai hujjah. Sama seperti tidak relevan membawa ajaran nabi musa, nabi daud, dan nabi lain yang memang syariatnya telah terhapus oleh kedatangan islam.

      Lihat apa kata Rasulullah pada Umar bin Khattab saat ia membawa sobekan taurat ke hadapan beliau: ” Apa yg kamu bawa ini? Bukankan aku telah membawa al kitab yang jelas dan jernih? Kalau seandainya saudaraku Musa as masih hidup pada zamanku, tentu beliau tidak akan susah2 lagi, kecuali mengikutiku (islam)” (HR ahmad& Al Bazzar dari Jabir)

      Ini bukti bahwa ajaran nabi2 terdahulu terhapus sejak islam datang dan melengkapinya.

      Kalau masih mau keukeuh mengatakan bahwa klaim kebenaran islam itu relatif sama artinya bapak ini kepedean menentang Allah.

      Sama seperti ketika ada seseorang yang mengatakan bahwa ia ingin makan IKAN GORENG tapi bapak dengan pedenya berkata ‘TIDAK, kamu tidak ingin makan IKAN GORENG. Kamu PASTI INGIN MAKAN SEMUR JENGKOL” wkwkwk
      jelas2 orang tersebut paling paham apa yang ia inginkan, apa yg perut dan lidahnya inginkan tapi serta merta bapak menyanggah dan merasa paling tau apa yg orang itu ingin makan. Jaka sembung beli ikan koi, GAK nyambung oiii…. ^____^

  6. ih parah banget nyelip2in lagu udah kayak upil aja diselip2..
    geleh (kesel) da kalo udah tau kayak gini, dulu juga sempet denger ni lagu, pantes aja sendu, wong lagu pemujatan..

    syukron mba udah dikasih informasinya, yap lebih baik ditinggalkan hal yang meragukan kek gini daripada terbawa jadi muslim gaje *ga jelaz* ga tau arah kiblat yang bener sampe bingung deh sama wahyu Allah, penciptanya sendiri (bener ngga yah kata Allah begini?) na’udzubillahi mindzalik

    • kalo sebuah ide kufur diletakkan dengan frontal kebanyakan ditolak sama muslim mba, jadi diselip-selipin aja kayak upil biar samar n gak terasa… :D

      sama sama ukh…saling share yah. Saya juga sangat suka musik, MUSIC IS MY LIFE, slogan sy dulu. but not anymore… ^____^

  7. bukannya anda yg sok tahu dan kepedean gitu? kapan Allah mengatakan bahwa Dia menolak agama yg lain? dalam kitab manapun gak ada penjelasan mengenai itu ibu yg terhormat. Meskipun Muhammad dan Allah swt sendiri telah menjelaskan bahwa agama Islam yg benar, tapi kan Mereka gak pernah bilang kalo yg lain itu ditolak. anda aja yg penafsirannya kemaa-mana, gak jelas gitu. dan di dalam kita sendiri, gak ada satupun ayat yg berbau pengkafiran. kalo emang ada, tolong jelaskan kpda saya wahai ahli kitab.

    yg perlu diingat juga, bahwa kebenaran itu bisa dikatakan benar kalo disandingkan dngan yg lain. dari situ kita bisa berpikir baik buruknya. untuk apa anda mempunyai otak kalo hanya untuk hiasan semata. itu namanya gak menghargai ciptaan Tuhan. kalo memang Islam gak boleh disandingkan krna takut nantinya akan berubah/tersingkir, berarti agama pengecut tu. egoisme yg dianut (itu agama Islam anda lo bukan secara universal)…

    • Suratman: anda muslim? kalo ya, apakah anda punya definisi kafir sesat, benar salah, haq bathil, ‘tertolak’ & diterima?
      Kalau anda punya, jabarkan pd saya, sekaligus dg standar yg anda gunakan? :)

      • sayang lagunya ya..padahal aku suka tu..
        ..suratman tu bukan muslim kali..comenya nyeleneh..

      • wah, mba pena, banyak orang pluralis yg ngajak berdebat tuh… tidak ada kebenaran yg mutlak… katanya.
        padahal udah dijelasin panjang lebar.. emang dasar males baca kali ya. Padalah males itu pangkal bodoh…

        Btw, sy juga syok mengetahui kenyataan ini!! aah, semoga sy bisa menghilangkan senandung lagu ini tiap saya mandi… :p

  8. gak perlu lah anti yahudi yg benar tu anti perang kalo anda anti yahudi sudahkah anda mepraktekanya setipa hari seperti tdk memakai barang2 buatan yahudi contoh:1 celana jeans(yang mempopulerkan tu orang yahudi levi strauus) 2 facebook yang penciptanya orang yahudi 3 cartoon walt disney dan tom and jerry juga ciptaan orang yahudi 4 albert

    • Pak Hendri, kita harus bedakan mana yang hadlarah mana yg madaniyah. setiap ideologi/agama akan memiliki peradaban (hadlarah) yakni sekumpulan konsep/ide/mafahim yg lahir dr agama/ideologi tsb, misal cara penyembahan, cara berpakaian, dll. Nah setiap peradaban menghasilkan madaniyah. Madaniyah ada 2:
      1. Madaniyah amm
      Produk peradaban yg bebas nilai, bisa dipakai oleh siapapun karena tidak mengandung unsur ideologi/agama tertentu. Misal teknologi, handphone, komputer, alat makan, mobil, dll.

      2. Madaniyah khas
      produk peradaban yg TIDAK bebas nilai, artinya dia identik dan khas pd sebuah ideologi/agama tertentu. Misal: pemikiran nasionalisme, sistem ekonomi riba ala kapitalisme, konsep kebebasan, dll

      dari 2 madaniyah di atas, jelas hanya madaniyah amm yg bisa diambil oleh muslim, karena produk peradaban ini baik berupa teknis/barang/jasa tidak akan mempengaruhi aqidah seorang muslim, misalkan teknologi yg kita gunakan. Perlu anda tahu bahwa di zaman Rasullullah pun senjata perang menggunakan manjaniq, meriam yg dibeli dan diadopsi dari romawi, juga sistem pembukuan persia yang ditiru oleh Khalifah umar bin Khattab ra. So handphone, blog, facebook, komputer gak masalah kita gunakan.

      Yang justru ga boleh diambil ya hadlarah dan madaniyah khas yang memang berisi pandangan hidup dan mafahim sbuah ideologi/agama. Kalo skrg kan aneh, HP, FB, twitter, ato segala yg berbau yahudi/kapitalis -padahal itu madaniyah amm- DILARANG n koar2 diharamin (seperti anda misalnya), tapi giliran pandangan hidup, lagu yg dekat dg pemujaan mereka, ekonomi ribawi, demokrasi, nasionalisme, privatisasi malah ditiru! padahal ini yg harus kita hindari.

      Mohon kaji lagi sirah rasul, supaya kita cerdas utk mengambil mana yg hukumnya mubah maupun yang haram, baik dr agama yahudi, nasrani maupun ideologi lain spt sosialisme dan kapitalisme.

  9. buat saya entah apa yang kalian katakan kafir atau apalah , di dunia ini ga ada yg paling benar , mau ga mau emang kita harus mengakui kalo emang bangsa yahudi itu dikasih talent yg luar biasa.

    dan saya sangat setuju dengan apa yg diungkapkan agan hendri
    agama anda baik agama saya pun baik

    stop war hentikan membandingkan hal yg cuma memicu perang , agama itu sensitive , hal kecil klo nyangkut agama bakal cepet ngeluasnya

    • Di dunia gak ada yang paling benar? Bung, kebenaran itu absolut dan hakiki, tidak nisbi, tidak relatif, tidak mendua. Kebenaran cuma satu, gak bisa lebih dari itu. Kebenaran yang lebih dari satu -atas suatu hal- itu merupakan sesuatu yang TIDAK BISA DITERIMA AKAL SEHAT, sudah keluar dari kaidah berfikir rasional.

      Satu kasus: Anda memakai kaos hijau, lalu sekelompok orang yang melihat anda dari jauh mendiskusikan warna pakaian yang anda pakai. orang yag buta warna parsial mengatakan bahwa kaus yg anda pakai berwarna biru, orang yg memakai kacamata hitam mengatakan kaos anda berwarna coklat, orang yang buta tapi sok melihat berkata kaus anda berwarna putih, sementara orang normal dg penglihatan sehat mengatakan bhwa kaus anda berwarna hijau.

      Ketika dikonfirmasi,keempat orang ngotot dengan penglihatannya masing2 dan tidak mau mengalah. Apakah wajar bila ada seseorang yg dengan sok bijak mengatakan “Ya sudah, kalian berempat memang tidak ada yg paling benar, semuanya benar. jadi ga usah ribut ya?”

      Bisakah ini diterima akal sehat? TIDAK! kebenaran cuma satu, kita wajib menyelidiki dengan runut dan cerdas, menggali tiap metode yg digunakan oleh setiap pemberi argumen dalam berkata. Cuma orang krng waras saja yg mengatakan adalah benar, atau semua pendapat adalah salah.

      Analogikan ini pada agama, pada ideologi, pada pandangan hidup. Gak mungkin kalau semua benar atau semua salah. Yang pasti, cuma ada satu yang benar, yang lain salah. Ini kaidah rasionalitas bung, ilmiah. Bukan didasari pada semangat egoisme, kesukuan, sombong, atau apalah namanya. Ini sesuatu yang mutlak.

      Kalau mmg semua agama sama, kenapa yang berkata seperti itu gak pindah2 agama skalian utk mendapat pengalaman sprituil yang luarbiasa?? Sebulan kristiani, sebulan islam, sebulan budha, sebulan shikh, sebulan sinto. Ada yang seperti itu? ga ada! Yang ada orang yang mencampuradukkan semua ajaran agama karena otaknya tidak mampu menemukan kebenaran mutlak pada satu agama dan ideologi yg benar. Merekalah yang sok mengatakan diri PLURALIS yg menyamaratakan agama, mereka ini PLIN PLAN. Lawong Gak ada juga sebuah ideologi atau agama yg mau ajarannya diaduk2, disamaratakan. Argumen para ‘pluralis’ ini yg rada2 out of mind!

      Saya , -berpijak pada aqidah yang sudah saya peluk dg pembuktian akal dan naqli juga berlandas pada kebenaran rasional- akan bangga mengatakan bahwa IDEOLOGI ISLAM saja yg benar, di luar islam, baik itu agama spritual (kristen, budha, hindu, dll) ataupu ideologi (kapitalisme, sosialisme, komunisme) adalah SALAH. Karena saya waras dan normal, tanpa menyamaratakan semua agama. ^^

  10. Oe setuju ama agan Raditya…. karena diIndonesia ini udah banyak orang mati karena Agama…. sepele namun besar imbas yg diterima….
    saling sadar,mengerti,bijak,menghormati, Agama lain…. seperti yang ada pada “PANCASILA”

    • Makasih sudah komen, respon sy thd komen anda 11-12 spt komen sy utk raditya.
      menghormati agama lain itu harus bro, tapi ada konteksnya. Menghormati gak selamanya berarti begitu kebablasan memberi perlakuan pdhl itu sdh keluar dari koridor aqidah agama kita. Dalam islam, selama kaum kafir tidak menganggu, mempermalukan, menindas, membunuh muslim, maka mereka kita hormati. bentuk penghormatan tidak sampai memberi ucapan selamat natal tahun baru, dll.

      Ketika daulah khilafah (negara islam) masih ada (14 abad, sjak abad 6-awal abad 20), kaum kafir dzimmi (yakni nonmuslim yang tinggal di daulah khilafah dan mengikuti peraturan UMUM dalam khilafah), diberikan perlindungan. Hak mereka dalam makanan, ibadah, pakaian, dijamin full. tapi jika menyangkut sistem pendidikan, pemerintah, sosial, ekonomi, mereka harus tunduk pada sistem islam. Bahkan menumpahkan darah kafir dzimmi adalah SAMA HARAMNYA dg membunuh muslim. Jadi kehormatan, darah, dan harta mereka dijaga.

      bahkan literatur menyebutkan, bhwa orang2 kristen di jerussalem saat terjadi perang salib justru membantu kaum muslim melawan pasukan salib. Kenapa? karena kaum kristen tadi merasakan betul perlakuan yg adil dan luarbiasa dari kaum muslim dalam daulah khilafah, sehingga mereka lebih memilih tinggal di jerussalem dan melawan pasuka salib. ini bentuk penghormatan hakiki yang pernah terekam sepanjang sejarah.

      Toleransi agama cuma bisa terwujud ketika khilafah dengan syriahnya mengatur negara, tidak seperti masa sebelum dan sesudahnya -spt saat ini misalnya. ^^

  11. luar biasa mbak pena. hehehe… saya sangat setuju dengan mbak. manusia kadang terlalu sombong, lebih percaya pada kecerdasan nya di banding kecerdasan Allah swt. sampai2 mereka ga sungkan mencampur adukan yg hak dengan yg batil demi membenarkan perbuatan nya. thanx bgt info dona dona nya, saya sempet jatuh cinta ama lagu ni tadi nya, eh ga tau nya lagu penyesatan.

  12. Dari lagu aku bisa merasakan kesedihan orang yahudi dulunya
    Zaman firaun mereka seperti sapi dijadikan budak dan anak laki2nya dibunuh,di jerman mereka dibantai,aku mengerti kenapa mereka jadikan sesembahannya itu sapi,karna sapi seperti ibarat mereka dan kesedihannya,harusnya mereka menyerahkan kesedihannya pada allah bukan menjadikan anak sapi/diri mereka sendiri yang menanggungnya tapi serahkan pada allah,kini mereka sukses berjaya dalam ekonomi dan teknologi dan mereka menganggap semua manusia itu hina kecuali mereka,aku jadi mengerti kenapa mereka bersikap seperti itu,mereka dendam pada diri mereka sendiri dan membalasnya pada semua manusia,aku tidak bangga akan bangsaku justru bangsaku ini menyedihkan,mereka menanggungnya sendiri masa lalu mereka bukannya menyerahkan kepada allah dan menyerahkan diri mereka pada allah,aku tahu dan percaya bahwa islamlah agama yang benar

    • tidak ada kebenaran yg mutlak mengenai suatu pendapat seseorang,trgntung dr sudut pandang apa yg mrka tinjau.
      dan mslh suka g suks itu trntung dr individu msing2,so… ga bisa kita men vonis sesuatu perkara dg seenaknya..
      ok manteman…seni itu indah

  13. Kebenaran mutlak cuma ada didalam islam….kini, nanti, dan selamanya…
    Dan islam itu menyeluruh, mengatur kita, dengan aturan demi kebaikan kita. Kenapa kita mesti diatur??? Jawabanya gampang: karena kita belum di surga. hee

  14. Hmm,. jujur ja saya termasuk orng islam yang kental jiwa seni ny., n smpe skrng dr pngjian2, mentoring2, tau pertmuan2 FSI (forum studi islam) yang saya ikuti, masalah seni msih hangat mnjadi kontrofersi,.

    n mngenai lagu ini kalo saya pribadi lebih menekankan pd keiindahan nada ny, n untuk latar blkang lagu ini saya anggap sebagai pengetahuan aja karna kalo saya analisa dari makna lagu yang antum berikan tidak ada yang menyinggung tentang pertentangan dengan islam, tp y hanya Allah yang tau. setidak ny menurut saya. apa lagi waktu lagu itu di buat meraka mungkin tidak terbesit sdikitpun penindasan dengan islam. hanya saja sekarang mereka harus kita perangi. terus apakah kita harus memerangi sesuatu yang tidak ada hubungn ny dengan era sekarang karna lagu ini lahir dari tahun 1800 an.

    terus untuk kalo memang donna donna atau danna danna adalh tuhan mereka apakah salah menyebutny., seperti kita menyebut yesus kretus, bunda maria, roh kudus, wisnu, anum, ra, ganesa, aprodite, Zeus, dll dkk tak terhitung dewa2 dan tuhan2 yang sering ada dalam pembicaraan, dialog, ata hanya bercanda saja. selama kita hanya meyakini hanya 1 yang ESA. Allah SWT.n smua tuhan dan dewa2 yang lain hanya buah bibir sekedar lalu saja.,

    terimakasih., afwan mingkum,
    kalo salah mhon di luruskan. msih NEWBY nie., -_-“

  15. hmm.,. gmn ya., saya sendiri sebenarnya orng yang suka seni. n smpai sekarang mslah seni tu msih sering jadi kontroversi hangat.

    tp menurut saya apa salahnya mendengarkan lagu ini. klo saya menyukai nada2 yang ada di dlm lagu ini. seandainya hanya menikmasti dan tidak meyakini ny. n untuk enyebut2 nama2 tuhan mereka tu kan sama saja sperti kita sering menyebut tuhan2 yang lain seprti yesus kretus, bunda maria, wisnu, ra, dll dkk. anggap smua tu skdar pengetahuan saja,.

    n lagi lagu itu kan di ciptakan pada masa yahudi di jajah oleh nazi, pada waktu itu mereka mungkin tidak terfikir menjajah islam seperti sekarang ini. dari penjabaran yang dpat saya ambil lagu ini menceritakan kesengsaraan mereka.

    terus apakah adil kita membenci masalau yang tidak ada hubungn ny dengan sekarang. mungkin iy untuk sekarang yahudi harus kita perangi. Tp rsa ny tidak feer klo langsung di cap sprti bnyk ny penjabarn di atas.

    maaf jika banyak salah masih penulis pemula…

  16. saya menghargai setiap pendapat disini.. kalo saya pikir sih, kembali ke pribadi masing-masing saja, ya biarin aja si A bilang gini, B bilang gitu, memang kita wajib membenarkan jika memang salah. saya pun seorang muslim, walaupun masih banyak hal sebagai seorang muslim yang belum bisa saya lakukan, saya berusaha sekali seperti mbak penarevolusi, tapi saya hidup dan tinggal di Indonesia, saya kuliah dimana teman2 saya dari seluruh Indonesia dan dari berbagai agama. saya tidak bisa hanya berteman dan bergaul dengan muslim saja kan? saya pikir kasus ini bisa sebagai contoh dengan perdebatan ini. akan lebih membahagiakan dan menentramkan kalo kita berlaku seperti muslim Indonesia, yang toleran, saling menghargai dan menghormati. perkara si A si B masih kekeuh dengerin lagu yahudi kek, apa kek, kita sudah berusaha mengingatkan, dan keputusannya tetap ditangan masing2 pribadi, bukankah begitu? kita tinggal di negara demokrasi. CMIIW

  17. seseoarng dilahirkan dgn keyakinannya, apa yg ia yakini itulah dia.

    bwt pena, jempol bwt ente!
    stiap kata kata ente berbobot nd bedasar.

  18. kalo saya lebih baik menghindari hal-hal yang sifatnya meragukan daripada salah mending menghindar…buat pena..makasih untuk pemberitahuannya smoga kita bisa belajar dari sini…

  19. Yang menyanyikannya Sita Nursanti RSD bukan Rida.
    Saya tidak masalah lagu itu dibuat oleh siapapun. Yang saya tau lahu ini indah. Berpesan moral baik dan sejauh ini saya masih tetap sholat.

  20. memang seni musik sering di gunakan untuk menyiarkan ajaran2 tertentu,
    namun apakah kita harus menjauhi sebuah karya yg memang terselip pesan2 khusus yg berlawanan dg agama islam? saya rasa tidak selama kita percaya tuhan kita, wl kita menyanyikan lagu donna donna berulang2 kali toh saya tidak jadi yahudi ato pun jadi khafir, sama halnya kalo kita berkunjung ke suatu wisata yng ada kaitanya dg sejarah yang berlawanan dg agama kita, apakah setelah kita keluar dr tempat tsb kita akan jadi khafir.. saya rasa enggak, karya seni menurut saya untuk di nikmat i. kayaknya ideologi anda tidak lebih baik dari kaum ateis.
    lagu saja sampai di jauhin.
    :)

    • islam adalah agama benar
      Bukan agama paling benar
      Karena islam bukan agama pembanding, melainkan penyempurnah
      Allah tlah mengutus nabi muhammad untuk menyempurnakan agama2 yg terdahulu.
      Al-Qur’an sebagai pedoman hidup kita yg menuntun di jalan allah.
      Ibarat kereta api, Al-Qur’an adalah relnya
      Jika kita kluar dr relnya pasti akan celaka.
      Tidak salah kita mendengar dan mempelajari lagu Dona Dona, karena lagu tersebut tlah menjadi sejarah.
      Sampai kapanpun lagu Dona Dona akan menjadi bahasan secara universal.
      Yg penting tdk ikut menyanyikan lagu Dona Dona. Karena redaksi lagu tersebut ada yang menyatakan do’a kpd tuhan/danna/dona dr orang yahudi,bertentangan dg islam/allah.
      Jika kita mengikuti lagu tersebut pasti termasuk musyrik/menyekutukan Allah.
      Meski begitu kita dapat mengadopsi isi pesan2 moral yg berjuang untuk kebebasan melawan problem kita masing2, tidak tinggal diam dg keadaan yang ada seperti anak sapi yang diikat tak mampu berbuat apa2

  21. jika yg kalian persoalkan kalimat donna kenapa tidak kau ganti saja dengan kalimat Alloh.

    gitu aja kok repot,,

  22. Waduhhhh,, hampir ne lagu gw share ke Fb, untung gw baca2 komen di youtube-nya,, ehh ada yg menghubung2kan dgn holocaust,, hmmmm
    Padahal sblumnya gw seneng bgt dgn lagu ne, apa lagi judulnya mirip nama mantan gw :)… Nada lagu nya itu lho, gmna gitu,,,, Walaupun saya masih suka dgn lagu ini tapi saya harus merelakannya,,, :'( (lebayyyyy)
    Makasih byk ya Mba atas infonya, sangat bermanfaat,,

  23. haii salam kenal kakak :D

    menurut saya yang dipermasalahkan disini adalah siapa penulis lagunya kak, karena orang yahudi mungkin ya?.
    tetapi kalau untuk direfleksikan liriknya sangat bagus, mengandung nilai moral dan ada unsur politik bahkan kebebasan juga.

    apa belum tahu arti indosesianya? nanti saya buatkan deh kalau tidak tahu.hehe

    Jangan dilihat dari siapa yang menciptakan. jangan pula mendiskriminasi.
    kadang manusia juga tidak boleh munafik kak. contohnya kakak, kalau emang suka lagunya, dari segi nada dan lirik ya suka saja, jangan dipaksakan untuk tidak menyukainya hanya karena yang menciptakan orang yahudi.

    Ternyata agama memang menjadi candu.

    okk seperti itu saja. kalau ada kata yang salah mohon di maklumi ya kak. :) GBU

  24. info yang sangat bermanfaat mba.. dengan penjabaran yang dapat diterima..
    dan sepertinya banyak simpatisan Jaringan Iblis Laknatullah disini.. :)

  25. Jujur, saya mengagumi Soe Hok Gie yang Katolik, saya juga mengagumi Shakespeare yang digadang-gadang sebagai tokoh Iluminasi, Einstein yang Yahudi, dan beberapa tokoh lain yang sebenarnya bukan muslim. Namun, kekaguman itu tidak lebih besar daripada kekaguman saya pada Rasulullah, Ibnu Sina, karena saya paham benar bahwa pada dasarnya ilmu politik, ilmu sastra, ilmu sains, ilmu kedokteran, ilmu bumi, dan semua ilmu pengetahuan di dunia ini datang dari Allah melalui Al Quran. Bukan rahasia tentunya bahwa para tokoh-tokoh ini juga mempelajari Al Quran, Injil, dan kitab-kitab kuno lainnya, yang pada akhirnya menjadi inspirasi dari teori-teori yang mereka kemukakan. Saya selalu tanamkan dalam diri saya, kalau mereka saja bisa menciptakan sesuatu yang luar biasa dari kitab yang saya baca sehari-hari, harusnya saya pun bisa bahkan lebih, maka saya coba pelajari penemuan mereka dan mencocokannya dengan apa yang ada di Kalam-Nya dan mensyukurinya sebagai ilmu pengetahuan yang akan saya gunakan untuk memajukan bangsa, negara, dan tentu saja agama saya. Tidak munafik bahwa ilmu eksak dan non-eksak yang kita pelajari saat ini dipopulerkan oleh tokoh-tokoh non-muslim, lalu apakah kita harus mogok mempelajarinya dan menjadi orang yang terbelakang dan tertinggal? Tidak munafik juga bahwa sebagian besar teknologi, media massa, entertaiment, dan segala macam fasilitas yang kita gunakan saat ini pun adalah buah karya mereka yang non-muslim, lalu apakah kita harus meninggalkannya, berbalik pada zaman batu? Yang harus kita lakukan sebaiknya adalah mempelajari dengan baik setiap ilmu pengetahuan yang sudah ada, memanfaatkan teknologi yang sudah tersedia untuk menciptakan sesuatu yang luar biasa bermanfaat untuk Islam. Tidak ada gunanya kita memprotes sana-sini kalau kita belum memberikan sikap nyata sebagai bukti bahwa kita mencintai dan menjaga agama ini. Lagu dan syair-syair adalah media yang dipakai banyak orang untuk mengungkapkan perasaan yang tak tersampaikan, mungkin memang lagu ini mengandung makna tersendiri bagi kaum Yahudi. Namun, apakah kemudian kita harus menjauhinya? Berarti kita juga harus menelaah semua lagu-lagu Indonesia dan lagu internasional lainnya sebelum mendengarkan? Karena bukan rahasia lagi bahwa Yahudi saat ini sudah memasuki semua lini kehidupan dunia termasuk musik. Maka yang bijaksana kita lakukan adalah memahami setiap apa yang ada dengan pemahaman yang semakin mengagungkan Allah sebagai Tuhan, dan Islam sebagai agama kita. Jika kita memahami lagu Donna Donna ini sebagai lagu yang menolak penjajahan dan penyiksaan bukankah Islam juga menolak perlakuan yang demikian? Maka, pahami lagunya sebatas itu saja. Tentang apakah lagu ini akan mempropaganda akidah kita, tanyakan lagi pada diri kita, apakah memang Allah yang selalu kita tasbihkan dalam setiap doa, tindakan, dan syair yang kita dendangkan? Jika tidak, memang riskan sekali untuk mendekati segala macam propaganda seperti ini. Namun, selama akidah itu melekat erat dalam darah daging, propaganda sehebat apapun justru akan berbalik menjadi senjata yang dapat kita gunakan untuk merobohkan kekuatan lawan. Benarkan?
    Ini hanya pendapat saya. Benar tidaknya saya menerima sharing. Terima kasih

  26. alhamdulillah baca postingan ini, baru banget kemaren suka setelah nonton gie. tapi madlarat nya naudzubillah. terimakasih :). hanya mengingatkan untuk beberapa orang yang menuliskan komentar, semua agama memang mengajarkan kebaikan, tapi kalo udah ngomongin “kebenaran” eits nanti dulu.

  27. subhanallah terima kasih banyak mba ^^
    saya juga suka banget sama lagu ini karna lirik dan nadanya. tapi setelah tau, “Donna” nya ini yg jadi masalah.

  28. Sebenernya sepele si,lagu ini hanya menerangkan kekejaman nazi atas pembantaian kaum yahudi intinya itu…tp menjadi panjang ketika menyebutkan menjadi agama dan menjadi rancu ketika di banding bandingkan..dan sangat mudah juga ko kalo ga suka ga usah dengerin selesaikan ga usah di bahas lebih panjang dari ego agama masing2,,kalo saya suka lagu ini dan saya tetep mendengarkan sebagai kariya seni dan tidak menggimani ga masalah menurut saya ya kalo menurut anda salah ya terserah anda gampang ko..ini buat saya hanya sebuah lagu dan bukan penyebaran agama mybe kita menjadi lebih tau dengan blog yg anda tulis jadi bisa lebih berhati2 thanks

  29. hey..come on, apa yang salah dengan Yahudi? seperti tidak ada yang salah dengan anda dan keyakinan anda begitu juga dengan Yahudi. dan tentu saja lagu Dona Dona nya yang anda sendiri gak mungkiri klo itu bagus banget.

  30. Terimakasih ukhti atas infonya, nggak habis pikir sama yang comment” itu
    Mungkin pemikiran mereka sudah terpropaganda :)
    Keren sekali ukhti menanggapinya ! (Y)

  31. Jangan memandang lagu dari nadanya…. Dengarkan saja dan klo mau ganti liriknya dengan doa doa yang baik… Gtu aj selesai…

  32. Di agama Islam, menentang permusuhan…. Ada kok salah satu habsyi yg menggunakan nada lagu laskar cinta milik Ahmad dhani yg dikatakan Yahudi… Yg pnting bedakan antara lirik dan nada….

  33. Tidak ada toleransi antar uumat beragama yg ada toleransi antar umat manusia
    Jadi kalu tu lagu bikin kacau akidah “DEL”aja
    Sesungguhnya akan datang suatu masa
    Bahwa manusia lebih cinta terhadap dunianya
    Dan takut akan mati
    Ini statment ku “lagu donna haram
    Kalau tak mau di bilang kafir hapus habis perkara”

  34. Seperti yg anda katakan kebenaran itu cuma satu.buat saya itu benar. saya sangat menghargai kebenaran yang cuma satu itu. yaitu kebenaran yang di akui universal. 1+1= 2 di akui benar dan di setujui oleh orang di belahan dunia manapun.
    tapi kalau anda menganggap anda benar sementara ada di sekitar anda atau di bagian lain dunia menganggap itu tidak benar. itu bukan kebenaran mutlak.

  35. Hmmm…ni lagu padahal gw dengerin tiap di mobil pas brangkat kerja…musiknya enak, cara nyayi neng Shita juga asik (nyentuh banget.). tapi pada saat gw coba googling ni judul lagu kok ada pro – kontranya yah..Apalagi nyangkut masalah agama..
    Hati gw sih bilang, terusin aja loe dengerin selama loe ga pindah Agama alias Murtad..(mungkin itu bisikan Syetan yang terkutuk kali…). Nah gw jadi ragu2 nih mau dengerin lagi..
    Tapi katanya jangan loe lakukan sesuatu yang sifatnya “ragu-ragu..” betul ga sih..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s